HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Hukum di Negeriku

(Ahmad Ridwan Dalimunthe Kabid PTKP HMI Cabang Medan)
Haranews.com|-Salah satu petuah mas Eko Prasetyo dalam bukunya berbunyi
"Hukum memang sudah hilang di negri ini, yang tinggal hanya Fakultas Hukum, pejabat hukum dan banyak lagi Makelar (pemberi kuasa) hukum".

Di hadapan hukum nyatanya uang dan kedudukan sangat menentukan. Itu pula sebabnya penegak hukum mirip wirausaha yang berbisnis perkara. Di temani oleh undang-undang dan di kawal oleh makelar maka hukum jadi barang jualan. Maka jangan heran jika masyarakat Indonesia banyak yang tidak mengikuti aturan tetapi kebal dalam hukuman. Semuanya bisa pergi dan hilang asal ada orang dalam atau uang sampingan, semua persoalan terselesaikan.

Tapi tidak selamanya hukum tumpul ke atas dan tajam kebawah, ada dua kasus yang berbeda di mata hukum juga berbeda.

Beberapa hari yang lalu kita di hebohkan dengan berita pak polisi yang meludahi pengendara mobil yang tidak mengikuti aturan. Akibat perbuatannya, Bripka Rasoki dikeluarkan dari anggota Polantas Polrestabes Medan.
Dan akan dimutasikan keluar dari Polrestabes Medan,".

Sementara Pada beberapa bulan lalu tepat nya 28 februari 2020 lalu ada nya dugaan kuat pungli dalam acara pelantikan 2.603 badan permusyawaratan desa se kabupaten padang lawas utara yang menelan uang rakyat sampai miliaran rupiah tidak di persoalkan oleh para penegak hukum di padang lawas utara khusuanya dan sumatera utara secara umum, meski banyak media yang memberitakan bahwa adanya dugaan kuat terjadinya praktek pungli pada pelantikan tersebut, juga meski sudah di suarakan lewat jalur demonstrasi sekalipun sampai hari ini tidak ada tanda bahwa di tindak lanjutinya perbuatan penyimpangan tersebut.

Dari dua kasus di atas bisa kita lihat bahwa hukum dapat di beli dan di tawar, ikhtiar untuk membasmi terasa sia-sia dan tak ada gunanya, jika pak polisi dapat di adili dan di mutasi, saya berharap kasus korupsi yang merugikan masyarakat kiranya dapat diselesaikan dengan hukum yang pasti sebagaimana mestinya polisi yang di mutasi.

Terakhir saya mengutip quotes dari mbah Vladimir Lenin yang mengatakan "Jika kamu bukan bagian dari solusi, berarti kamu bagian dari masalah, maka dari itu Bertindaklah...!!

Penulis : Ahmad Ridwan Dalimunthe Kabid PTKP HMI Cabang Medan

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *