HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

APLBS Ingatkan Kepada Kepala Desa Untuk Hati-hati dalam Mengurus Anggaran BLT Dana Desa

(Gumriadi Tambunan/Ketua APLBS)
Labuhanbatuselatan.Haranews.com|•LABUSEL, Aliansi Pemuda Labuhan Batu Selatan (APLBS) mengingatkan para Kepala Desa (Kades) agar lebih berhati-hati dalam penyaluran dana yang diperuntukkan bagi masyarakat terdampak Covid-19.

Gumriadi Tambunan,  Ketua Umum APLBS mengatakan kepada wartawan bahwa nominal anggaran yang disiapkan pemerintah bagi warga terdampak Covid-19 cukup besar. “Program ini harus diawasi dan dipantau,” tegasnya.

Menurutnya, program ini sangat baik untuk membantu masyarakat dalam menghadapi situasi sekarang, maka perlu dilakukan pengawasan terhadap pendataan dan pendistribusian hingga penerimaannya.

Untuk diketahui, sumbangannya, Maksimal 30 persen dari Rp1,2 Milliar total dana desa tahun 2020 atau sebesar Rp360 juta, dan jika dana desa Rp.800 juta di potong 25% maka Rp.200 juta dan jika Dana Desa lebih dari 1,2 meliar maka dipotong  35 persen yang akan digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan ini diberikan kepada warga Sebesar Rp 600.000.

Sasaran penerima BLT Dana desa adalah keluarga miskin non PKH (Program Keluarga Harapan) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata (Exclusion error), dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.

Gumriadi Tambunan berharap Pemerintahan Desa harus jeli dalam mendata dan mengkategorikan masyarakatnya perihal yang berhak mendapat bantuan. “Kades dan Kepala Dusun tentunya lebih mengetahui masyarakatnya yang berhak menerima, jangan sampai tumpang-tindih,” ungkapnya.

Selain itu Gumriadi juga mengingatkan para pihak yang berwenang khususnya Kades dapat menjalankan program ini dengan transparan dan berkeadilan.

Dikatakan,  dalam Permendes Nomor 6 Tahun 2020, BLT Dana Desa adalah bantuan untuk penduduk miskin yang bersumber dari Dana Desa. Pelaksanaan BLT Dana Desa menjadi tanggung jawab setiap Kades.

“Kades harus berhati-hati  jangan sampai ada berita tentang penangkapan Kades terkait korupsi BLT Dana Desa,” ujarnya.

(Red:Tim)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *