HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Memakai Obat Tetes Mata dan Telinga

Haranews.com
MEMAKAI OBAT TETES MATA DAN TELINGA

Pertanyaan :
Apakah hukum memakai obat tetes mata dan telinga saat berpuasa dapat membatalkan PUASA ?

Jawaban :

Pernyataan tentang orang yang memakai obat tetes mata atau telinga untuk keperluan pengobatan tidak membatalkan puasa adalah benar.
Karena, tetesan tersebut tidak dinamakan makan atau minum, baik menurut 'urf (kebiasaan umum) maupun menurut syariat. Di samping itu, tetesan tersebut tidak masuk melalui saluran makan dan minum pada umumnya.
Andai yang bersangkutan menunda pengobatan tersebut sampai malam hari, itu lebih baik karena menjaga diri untuk menghindari perbedaan pendapat.
Karena Allah tidak membebani seseorang selain sesuai dengan batas kemampuan yang dimiliki, dan syariat di dasarkan pada prinsip menghilangkan beban. Allah berfirman :
"Dan dia sekali kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan.(Al Hajj : 78).
"Bila seseorang dicoba dengan rasa sakit di telinganya, ia tidak bisa tenang kecuali dengan meletakan obat di dalam minyak atau kapas (ke dalam telinga) dan nyata-nyata dapat meringankan atau menghilangkan rasa sakit dengan obat tersebut, berdasarkan pengetahuan pribadi atau informasi dokter, maka hal demikian boleh dan sah puasanya, karena darurat,” (Syekh Habib Abdurrahman bin Muhammad Ba’alawi, Bughyah al-Mustarsyidin, hlm. 182).
hukum memakai obat tetes mata saat berpuasa tidak menyebabkan puasa seseorang batal. Pasalnya, lubang mata tidak memiliki jalur penghubung menuju ke tenggorokan.
Sementara, untuk pemakaian obat tetes mata dan telinga diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa meski dalam kondisi tidak darurat.

Zainul Muttaqin Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Previous
« Prev Post

2 comments

Contact Form

Name

Email *

Message *