HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

PUASA BAGI WANITA YANG HAID NYA TIDAK NORMAL


Haranews.com|•
Pertanyaan :
Apa hukum puasa bagi wanita yang darah nya terus keluar melebihi hari-hari normal HAID ?

Jawaban :
Ada sebagian wanita ketika darah terus keluar melebihi hari-hari normal haid, yang bersangkutan mandi dan melakukan hal seperti biasa seperti saat suci. Ini tidak boleh. Ketika darah terus keluar pada seorang wanita, yang bersangkutan tetap tidak boleh puasa, shalat, dan hal-hal lain terkait dengan hukum-hukum wanita haid hingga ia suci saat darah berhenti.

Seorang wanita pernah bertanya kepada Syaikh Ibnu Utsaimin, ”Bila seorang wanita biasanya haid selama delapan atau tujuh hari dalam sebulan, kemudian terkadang darahnya terus keluar melebihi batas waktu tersebut, bagaimana hukumnya?"

Beliau menjawab, "Jika haid normal wanita tersebut selama enam atau tujuh hari, kemudian hal tersebut berlangsung dalamjangka waktu lama, setelah itu haidnya bertambah menjadi delapan, sembilan, sepuluh, atau sebe|as hari, ia tetap tidak shalat hingga suci. Sebab. Nabi tidak membatasi haid dengan waktu tertentu.
Allah berfirman:
وَ يَسْــئَلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۙ قُلْ هُوَ اَذًى
"Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, Itu adalah sesuatu yang kotor.
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 222)

Ketika darah haid terus keluar, yang bersangkutan harus tetap berada dalam kondisinya (tidak shalat, puasa, dan sebagainya) hingga suci dan mandi, setelah itu baru shalat.Jika pada bulan selanjutnya batas lamanya haid berkurang, ia harus mandi ketika suci meski tidak selama haid sebelumnya. Yang penting, ketika seorang wanita haid, ia tidak boleh shalat, baik haidnya tepat pada waktu normal seperti sebelumnya, Iebih, maupun kurang. Kemudian ketika telah suci, ia harus shalat." (Fatwa Al Mar'ah, hlm. 23.)

Zainul Muttaqin

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *