HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Presiden Erdogan Merubah Hagia Sophia Menjadi Masjid, Koordinator FSM Medan: Ini Keputusan Yang Tepat


Haranews.com|•Pada hari Jumat 10 Juli 2020 Presiden Recep Tayyip Erdogan memutuskan untuk merubah Hagia Sophia dari Museum menjadi Masjid, menanggapi hal tersebut Ahmed Jibril Hasibuan (Koordinator FSM Medan) menilai ini merupakan keputusan yang tepat karena keputusan ini sesuai dengan keinginan dari sang penakluk Kostantinopel, yakni Sultan Mohammad Al Fatih.

Presiden Erdogan menyampaikan keputusan ini setelah Pengadilan Turki membatalkan status Hagia Sophia sebagai Museum lalu merubahnya menjadi Masjid, setelah itu Presiden Erdogan juga langsung menandatangani Dekrit Presiden soal status Hagia Sophia tersebut. Walaupun banyak pihak yang protes namun beliau tetap berpegang teguh pada keputusannya karena ini merupakan keinginan terdahulu dari sang penakluk Kostantinopel.

Melihat dari catatan sejarah tepatnya 86 tahun yang lalu bahwa keputusan ini merupakan keinginan dari Sultan Mohammad Al Fatih sebagai sang penakluk Kostantinopel, selain itu Hagia Sophia juga termasuk masa-masa kritis kekaisaran Bizantium dan pendiri republik Turki modern. Presiden Erdogan juga mengatakan bahwa Turki sekarang dapat meninggalkan sumpah Allah, keuntungan dan Malaikat, sebagaimana yang dikatakan Sultan Mohammad Al Fatih bahwa Sultan Ottoman Mehmet II mengatakan ketiganya akan menyertai siapa saja yang mengubah Hagia Sophia menjadi Masjid.

Hagia Sophia merupakan milik Sultan Mohammad Al Fatih yang ia rebut dari Kostantinopel pada tahun 1453 masehi, awalnya bangunan ini merupakan sebuah Gereja dan diubah menjadi sebuah Masjid. Namun berdasarkan sejarah Masjid ini dirubah menjadi Museum oleh Presiden Turki sebelumnya, yakni Mustafa Kemal Ataturk pada tahun 1934 masehi dan sejak itu pula Hagia Sophia lebih dikenal sebagai destinasi wisata populer di Istanbul.

Presiden Erdogan juga mengatakan bahwa Masjid Hagia Shopia sama seperti Masjid yang lain pintunya akan tetap terbuka untuk ke semuanya, bagi penduduk lokal maupun asing atau bagi yang Muslim maupun Non Muslim. Selanjutnya Ahmed Jibril Hasibuan (Koordinator FSM Medan) juga menyimpulkan bahwa peradaban baru akan bangkit dari Masjid mulai dari sektor Pendidikan, Ekonomi dan Sosial, maka oleh karena itu kedepannya kita harus menyemarakan segala kegiatan dari Masjid dan kembali untuk Masjid agar kita mendapatkan keridhoan dari Allah SWT.(Red:Tim)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *