HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

CARA TERBAIK MENYIKAPI VIRUS CORONA MENURUT PANDANGAN ISLAM

CARA TERBAIK MENYIKAPI VIRUS CORONA MENURUT PANDANGAN ISLAM


Kamis (19/3/2020), Ustadz Setyadi Rahman dalam khutbahnya mengatakan pandemi mesti dianggap sebagai ujian dari Allah SWT. Hal ini sejalan dengan FirmanNya yang berkata:


“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai ujian/cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.” (QS. al-Anbiyaa’ [21]: 35).

Lebih lanjut sikap terbaik menghadapi ujian berupa serangan virus korona itu yakni:


Pertama, berikhtiar dan menghindarinya dengan memperhatikan hukum kausalitas Sunnatullah. Misalnya, kita harus mencuci tangan ketika akan makan atau minum atau baru datang dari bepergian.


Kedua, kita bertawakkal sepenuhnya kepada Allah setelah berikhtiar. Bahkan kita yakin sepenuhnya atas usaha sungguh-sungguh dalam menanggulangi pandemi COVID-19. Hal ini sebagaimna firman Allah SWT:


“Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertawakkal. Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada seorangpun yang dapat mengalahkanmu, tetapi jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapa yang bisa menolongmu setelah itu? Karena itu, hendaklah hanya kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal.” (Qs Ali Imran: 59-60).


Penulis Nurul Hidayah KKN DR 151 UINSU Fakultas Dakwah dan Komunikasi Jurusan Manajemen Dakwah

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *