HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

DAKWAH DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Haranews.com|•Dengan menyebarnya wabah virus corona membuat dunia menjadi semakin krisisnya kesehatan akibat tertular melalui saluran pernafasan dan kontak fisik. Oleh karena itu pemerintah selalu menghimbau untuk tetap mengikuti protokol kesehatan. Dari hal yang kecil seperti menjaga kebersihan, memakai masker, menyediakan handsanitizer baik di rumah maupun berpergian diluar rumah. 


Peran seorang da’i dalam berdakwah menyampaikan pesan dakwah dengan keadaan yang sangat mengkhawatirkan tertularnya virus corona. Namun dengan adanya teknologi informasi seorang da’i bisa berdakwah melalui berbagai macam media yang saat ini sedang berkembang pesat di seluruh dunia.

Kegiatan berdakwah di tengah pandemi covid-19 menjadi tantangan seorang da’i dalam menyampaikan pesan dakwah baik secara langsung (tatap muka) maupun secara online.


Jika disuatu tempat masih dalam lingkaran zona aman bisa saja seorang da’i berdakwah untuk menerapkan metode dakwah tatap muka.  

Dakwah diartikan secara bahasa yaitu da’a, yad’u, da’watan yang berarti panggilan mengajak dan menyeru. Secara istilah dakwah merupakan menyeru dan mengajak kepada kebaikan untuk mengikuti apa yang di perintahkan oleh Allah SWT dengan keimanan yang kokoh sesuai dengan syariat islam.

Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Q.S. An-Nahl : 125 yang artinya “Serulah (manusia) kepada jalan tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tetang siapa yang tersesat dari jalan-nya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapatkan petunjuk.”


Tujuan da’i dalam menyampaikan pesan dakwah sebagai mengabdikan diri kepada Allah untuk melanjutkan risalah Rasullah SAW pada masanya. Kegiatan dakwah sangat mulia di hadapan Allah SWT untuk menghamakan diri dengan mewujudkan kebahagian dan kesejahteraan di dunia maupun di akhirat. Dakwah yang dicontahkan oleh Rasulullah SAW dengan berbagai macam cara baik secara kisan maupun tulisan bahkan perbuatan. 

Adapun dakwah yang di dalamnya memberikan pemahaman dengan berbagai macam metode dakwah. Pertama, dakwah fardiyah suatu metode dakwah yang pernah di lakukan seornag da’i dalam hal kebaikan lalu  di sampaikan kepada mad’u.

Kedua dakwah Bil-lisan merupakan pesan dakwah yang di sampaikan melalu lisan di depan umum yang biasa disebut dengan (ceramah). Ketiga Bil-Hal lebih meengedepankan aksi nyata dengan cara melakukan perbuatan yang baik. Keempat Bil-Hikmah suatu metode dakwah dengan arif dan bijaksana menyampakan pesan dakwah dengan tujuan pendekatan kepada objek dakwah.

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *