HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

HADAPI PANDEMI COVID-19 DENGAN HATI YANG IKHLAS

Haranews.com|•Pandemi covid-19 hadir sebagai ujian bagi umat manusia, untuk kemudian dapat mengangkat derajat mereka di mata Allah SWT. Sejatinya dalam hidup kita tidak mungkin bisa sepenuhnya lepas dari masalah, satu masalah selesai maka bersiaplah dengan masalah lainnya yang bisa lebih ringan atau lebih berat, seperti hal nya pandemi covid-19. Tentang masalah hidup sebagai sebuah Ujian ini, ingatlah bahwa Allah menguji hamba-Nya sesuai dengan kemampuannya.

Allah berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 286:


لا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ


Artinya: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir." (QS. Al-Baqarah: 286).

Dari ayat ini bisa dipahami bahwa Allah Swt adalah Maha Adil, sebab Allah menurunkan wabah penyakit covid-19 ini melainkan atas kemampuan hamba-Nya itu sendiri.

Setiap orang berbeda-beda dalam menghadapi Ujian dari Allah Swt, banyak yang sabar dan banyak pula yang mengeluh, untuk itu marilah kita lapangkan dada dan menadahkan tangan keatas untuk berdoa kepada Allah Swt agar kita senantiasa di beri ketabahan juga keikhlasan hati untuk menghadapi masa-masa sulit seperti kegaduhan sosial dan merosotnya ekonomi sehingga jatuh manusia itu sendiri kejurang kekufuran.

 Marilah kita bersama-sama menerima musibah ini dengan sebenar-benar nya ikhlas, sebab banyak orang tau itu ikhlas dan tidak tau cara mengaplikasikan nya dalam kehidupan di masa pandemi covid-19 ini, sebab ikhlas merupakan perbuatan yang sangat-sangat sulit untuk lakukan. Lantas apa itu ikhlas? Ikhlas adalah rela ,dan sebuah perbuatan yang semata-mata mengharapkan ridho Allah Swt tanpa mengharapkan dari manapun. 


Tidak cukup sebatas pengertian saja, adapun contoh ikhlas itu sedikit vulgar misalnya : Membuang sampah, mandi dan menolong orang lain tanpa berharap imbalan,  dll.

Kenapa salah satu bentuk keikhlasan itu ialah membuang sampah dan mandi.? Sebab kita sendiri menyadari membuang sampah dan mandi itu tidak pernah mengeluh, menyesal, mengutuk sebab kita rela melepaskan atau melakukan nya tanpa rasa beban apapun di dalam diri kita.

contoh di atas adalah perbuatan mengenai perbuatan ikhlas, sebab dalam melakukan nya tidak ada perbutan yang menyelip di hati untuk mendapatkan pujian, penyesalan dan mengharapkan sesuatu dari hal manapun melainkan mengharapkan keridhoan Allah Swt.


Untuk itu marilah kita terapkan keikhlasan ini dengan sebenar-benar nya ikhlas pada masa pandemi covid-19, kita terima musibah ini dengan penuh lapang dada. Akan tetapi walaupun kita ikhlas dalam menghadapi wabah ini, bukan berarti kita menganggap sepele dan tidak mematuhi segala peraturan protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah, baik itu menjaga jarak, menghindari kerumunan, memakai masker dan lainnya. Sebab, ikhlas dan ikhtiar haruslah sejalan. kita juga berharap semoga wabah ini segera berlalu dan kita dapat mengambil hikmah dari pandemi covid-19 ini.


Penulis Al Amin Marpaung Mahasiswa Manejemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU

Previous
« Prev Post

10 comments

Mantap. terus berkarya dan wahai pemuda agent of change

Sudah mantap. tapi, jangan puas sampai di situ saja terus berkarya wahai pemuda agen of change

Mantap trus semangat berkarya

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

Semangat pak amin ku syg💛😁

Luar biasa....
Tetap semangat ya, jangan pernah menyerah, karna kesuksesan sudah didepan mata

Semangat terus dalam berkarya dan sukses selalu

Contact Form

Name

Email *

Message *