HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Ini Dia Cara Hidup Sehat Rasullulah SAW Disaat Kita Hadapi Pandemi Covid

Haranews.com.
NAMA : Ramadhan Al-Fitrah Rao
NIM     : 0102172072
PRODI : Bimbingan Penyuluhan Islam
Fak.     : Dakwah dan Komunikasi

Memasuki bulan Agustus 2020 ini, kita masih saja di hadapkan oleh beberapa berita dari berbagai media yang memiliki pesan-pesan tentang pentingnya untuk menjaga kesehatan. Semua pesan tersebut tidak lain mempunyai ajakan atau himbauan untuk mencegah terjadinya penularan atau penyebaran wabah covid-19. 
Sebagai warga Indonesia yang bermayoritaskan Muslim terbesar di dunia, seharusnya kita mengetahui bahwa pesan menjaga kebersihan untuk hidup sehat sudah disampaikan oleh baginda Rasulullah Muhammad SAW. sekitar 14 abad yang lalu, didalam Hadist banyak menyebutkan tentang menjaga kesehatan, baik itu jasmani ataupun rohani.
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلْـمُؤْمِنُ الْقَـوِيُّ خَـيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَـى اللهِ مِنَ الْـمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ
Artinya : Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah". (HR.Muslim)
Rasulullah menganjurkan umatnya untuk selalu menjalankan hidup bersih. Caranya, kita bisa aktif melakukan aktivitas membersihkan diri dan mengamati lingkungan sekitar agar tetap bersih. Bisa juga hal ini dilakukan dengan cara pasif, yakni tidak mengotori lingkungan sekitar dengan cara berdiam diri.
Pada masa Rasulullah Muhammad SAW, beliau pernah menghadapi wabah penyakit yang sangat ganas, dalam hadits di jelaskan :

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطَّاعُونُ آيَةُ الرِّجْزِ ابْتَلَى اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ بِهِ نَاسًا مِنْ عِبَادِهِ فَإِذَا سَمِعْتُمْ بِهِ فَلَا تَدْخُلُوا عَلَيْهِ وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلَا تَفِرُّوا مِنْهُ
Artinya: Rasulullah SAW mengingatkan,"Tha'un (wabah penyakit menular) adalah suatu peringatan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk menguji hamba-hamba-Nya dari kalangan manusia. Maka, apabila kamu mendengar penyakit itu berjangkit di suatu negeri, janganlah kamu masuk ke negeri itu. Apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, jangan pula kamu lari darinya." (HR Bukhari dan Muslim dari Usamah bin Zaid).

Pada masa Rasulullah Muhammad SAW juga menganjurkan untuk isolasi diri bagi ummatnya terdahulu yang sakit untuk tidak keluar rumah karena di takutkan adanya penularan. Hal tersebut di sebutkan dalam hadits yang berbunyi: 

             قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُورِدَنَّ مُمْرِضٌ عَلَى مُصِحٍّ
Artinya: Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah  yang sakit dicampurbaurkan dengan yang sehat." (HR Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).

إِذَا سَمِعْتُمْ بِالطَّاعُونِ بِأَرْضٍ فَلاَ تَدْخُلُوهَا، وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلاَ تَخْرُجُوا مِنْهَا
Artinya : "Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan kamu tinggalkan tempat itu". (HR. Bukhari)

Kegiatan tersebut sering kita dengar dengan sebutan Social Distance atau menjaga jarak dari kerumunan  bertujuan untuk menurunkan tingkat penyebaran covid-19 di kota atau di manapun, langkah ini merupakan untuk mengurangi aktivitas sosial secara bersamaan. Menghindari keramain/tempat berkumpul, menjaga jarak saat berinteraksi, menutup ruang publik, membatalkan acara yang banyak melibatkan kerumunan orang dan sebagainya.
Nabi Muhammad SAW juga sangat mendorong umatnya untuk mematuhi praktek hidup higienis. Gaya hidup yang sehat dan bersih akan membuat orang tidak akan terkontaminasi terkena infeksi, pepatah Arab juga pernahbmengatakan yang berbunyi:
النظافة من الاءيمان
Artinya : "Kebersihan sebagian dari Iman"

Cara menjaga kesucian dalam Islam hendaknya untuk selalu melakukan wudhu, karena dengan berwudhu sangat berpengaruh bagi kebersihan diri,  karena saat wudhu kita dianjurkan untuk berkumur-kumur dan membersihkan rongga hidung. Karena, kita ketahui, selain tangan, penularan bakteri atau virus melalui udara tentu akan melewati saluran napas dan sangat mungkin bakteri atau virus ini banyak terdapat di lubang hidung dan mulut dan Rasulullah selalu mengamalkan di semua aktivitas nya untuk selalu berwudhu. Dalam hadist di sebutkan : dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seseorang dari kalian berwudhu, hendaklah memasukkan air ke dalam hidung, kemudian menyemburkannya. Siapa saja yang ber-istijmar (bersuci menggunakan batu), hendaklah mengganjilkan. Dan, jika seseorang dari kalian bangun dari tidurnya maka hendaklah mencuci kedua (telapak) tangannya sebelum memasukkannya ke dalam bejana tiga kali. Maka, sesungguhnya seseorang dari kalian tidak mengetahui ke mana tangannya bermalam." (HR Bukhari).

Rasulullah pernah menyarankan umatnya agar sembuh dari covid-19 dengan melakukan perobatan. Terbukti bahwa wabah covid-19 ini dapat di sembuhkan. Hal tersebut telah dijelaskan dalam hadis: “Aku pernah berada di samping Rasulullah SAW. Lalu, datanglah serombongan Arab dusun. Mereka bertanya, ‘Wahai, Rasulullah, bolehkah kami berobat?’ Beliau menjawab, ‘Iya, wahai para hamba Allah, berobatlah. Sebab, Allah tidaklah meletakkan sebuah penyakit melainkan meletakkan pula obatnya, kecuali satu penyakit.’ Mereka bertanya, ‘Penyakit apa itu?’ Beliau menjawab, ‘Penyakit tua.'” (HR Ahmad, Bukhari dalam al-Adabul Mufrad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan at-Tirmidzi).
Karena itu, menjaga kebersihan diri, keluarga, dan masyarakat sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, tetap melakukan aktivitas dari rumah, menaati anjuran pemerintah sebagai otoritas yang berwenang, serta berdoa agar terhindar dari penyebaran penyakit menular merupakan ikhtiar yang bisa kita lakukan untuk mencegah agar terhindar dari wabah sebaran covid-19. Wallahualam.

(Red/Tim)

Previous
« Prev Post

2 comments

Contact Form

Name

Email *

Message *