HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

MERAJUT ASA KEHIDUPAN UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID 19

Haranews.com|•UMKM adalah usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008.

Terdapat beberapa bagian UMKM berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ada beberapa kriteria yang dipergunakan, yakni sebagai berikut:

1. Usaha Mikro

Usaha produktif milik perseorangan dan/atau badan usaha perseorangan yang ​memenuhi kriteria usaha mikro yang diatur dalam undang-undang.

2. Usaha Kecil

Usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan dilakukan oleh ​perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau ​bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik ​langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang ​memenuhi kriteria usaha kecil yang diatur dalam undang-undang.

3. Usaha Menengah

Usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh ​perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau ​cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik ​langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan ​jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur ​dalam undang-undang.

 

 

Keunggulan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah:

Salah satu keunggulan yang utama adalah kemudahan dalam mengadopsi inovasi dalam bisnis, terutama dalam bidang teknologi. Adopsi teknologi terbaru menjadi lebih mudah dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis UMKM karena tidak memiliki birokrasi yang berbelit dan sistem yang rumit.

Selain kemudahan aplikasi teknologi, keunggulan dalam faktor hubungan antar karyawan karena lingkupnya lebih kecil, dan fleksibilitas untuk menyesuaikan bisnis dengan kondisi pasar yang dinamis.

Semenjak adanya pandemi covid 19 di indonesia sangat berdampak besar terhadap perkembangan UMKM, Pandemi virus Corona bukan hanya sekedar bencana kesehatan, virus yang dikenal sebagai Covid-19 ini telah menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi. Tidak hanya industri besar, pandemi virus Corona telah membuat pelaku UMKM di Indonesia mulai gelisah. 

Terlebih baru-baru ini, sebuah studi menyebut jika Covid-19 akan membuat Indonesia mengalami penurunan persentase pertumbuhan ekonomi sebesar 0.1% di tahun 2020. Secara garis besar, berikut merupakan dampak nyata yang disebabkan Covid-19 terhadap sektor UKM di Indonesia.

Namun dalam hal ini UMKM memutuskan mengurangi stok barang selama adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat covid-19. dan UMKM mengalami dampak yang besar seperti penurunan jumlah pembeli dan berubahnya frekuensi belanja masyarakat.

Contohnya pelaku usaha warteg di bagan sinembah, virus corona telah membuat omset pengusaha warteg di indonesia, khususnya bagan sinembah mengalami penurunan hingga 50%. pelaku usaha warteg tersebut adalah ibu mesna seseorang yang membuka usaha warteg, yang beralamat di km. 3 bagan sinembah yang merasakan dampak yang besar ketika adanya pandemi covid-19. ibu mesna mengatakan bahwa sebelum adanya pandemi covid-19 omset ibu mesna perharinya sebesar Rp.250.000 namun setelah adanya virus corona yang datang ke indonesia membuat omset ibu mesna menurun hingga 50%.

Maka dalam hal ini kita sebagai masyarakat yang bijak dan cerdas dalam menghadapi wabah virus corona ini kita harus menimbulkan kesadaran pada diri kita sendiri dan mengajak masyarakat yang lain untuk sadar dalam menghadapi covid-19 yang tengah melanda di indonesia. Dengan cara tetap selalu memakai protokol kesehetan yang dianjurkan agar dapat mengurangi penyebaran virus corona, dan membuat UMKM di Indonesia stabil seeperti biasa.

Protokol kesehatan yang di anjurkan seperti:

➢ Tetap memakai masker saat keluar rumah

➢ Menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain

➢ Rajin mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer

➢ Dan makan-makanan yang sehat dan bergizi

Dengan selalu mengikuti aturan yang dianjurkan, semoga wabah covid-19 yang tengah melanda di indonesia segera berakhir, dan kita dapat hidup normal kembali dan melakukan aktivitas seperti biasa


Penulis Pratini Darisman Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam/ KKN DR 18 UIN SU

Previous
« Prev Post

1 comments:

Wahhh terimakasih atas penjelasannya. Sangat bermanfaat🤗

Contact Form

Name

Email *

Message *