HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

PELAKSAAN PENDIDIKAN di MASA PANDEMI COVID-19


Haranews.com|•Saat ini dunia masih menghadapi wabah yang membahayakan yaitu virus corona atau disebut juga dengan istilah Covid-19 (Corona Virus Diseases-19). Ratusan ribu orang sudah menjadi korban dari seluruh belahan dunia, penularan yang sangat cepat lewat kontak antar manusia karena kegiatan sosial atau kegiatan sehari-hari yang tidak bisa dihindari adalah penyebab terbesar menyebarnya covid-19 ini. Akibat korban dan pasien terus bertambah pihak medis pun sampai kewalahan menanganinya sehingga banyak korban yang tidak ditangani dengan baik, Sampai-sampai tenaga medis pun ikut terpapar.


Rumitnya penanganan wabah corona ini membuat para pemimpin dunia menerapkan kebijakan yang sangat ketat untuk memutus mata rantai covid-19. Yang berawal dengan istilah lockdown hingga social distancing menjadi pilihan yang berat bagi setiap Negara terutama untuk Indonesia dalam menerapkan kebijakan social distancing untuk pencegahan penyebaran covid-19, karena kebijakan ini dapat berdampak negatif terhadap segala aspek kehidupan. Tidak terkecuali terutama dalam bidang pendidikan pun ikut merasakan dampak dari kebijakan ini. Keputusan pemerintah 

 meliburkan atau membuat kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah atau dikenal dengan system Daring. 

Pemindahan cara pembelajaran ini memaksa banyak pihak untuk mengikuti alur yang sekiranya bisa dilakukan agar pembelajaran tetap berlangsung dan satu-satunya cara adalah dengan menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran Daring. Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat personal computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Pendidik dapat melakukan pembelajaran bersama di waktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp (WA), telegram, instagram, aplikasi zoom ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, pendidik dapat memastikan peserta didik mengikuti pembelajaran dalam waktu bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda. Pendidik pun dapat memberi tugas terukur sesuai dengan tujuan materi yang disampaikan kepada peserta didik.

Tetapi, ini tentu bukanlah hal yang mudah, karena belum sepenuhnya siap. Problematika dunia pendidikan yaitu belum seragamnya proses pembelajaran, baik standar maupun kualitas capaian pembelajaran yang diinginkan. Karena ada banyak factor yang menyebabkan pembelajaran daring tidak sepenuhnya berjalan dengan lancar. Faktor yang paling tinggi adalah penggunaan teknologi yang masih minim, banyaknya tenaga pendidik yang masih kewalahan dalam menggunakan teknologi terutama guru atau dosen senior. Tetapi di balik itu, tenaga pendidik haruslah professional, harus mampu mengikuti perkembangan zaman bagaimana pembelajaran daring ini tetap berjalan dengan lancar. 

Faktor yang kedua adalah, jaringan internet. Pembelajaran daring tidak lepas dari yang namanya jaringan internet, banyaknya siswa hingga mahasiswa memiliki kendala di jaringan internet mereka dikarenakan ada sebagian siswa atau mahasiswa tinggal di pedesaan sehingga tidak cukup memiliki jaringan internet yang memadai, dan hal itu terkadang membuat siswa dan mahasiswa ketinggalan informasi dari guru maupun dosen.

Faktor yang terakhir adalah masalah biaya. Perkembangan zaman yang menuntut tenaga pendidik dan anak didik harus terbiasa dengan pembelajaran daring, maka dari itu belajar dari rumah justru semakin menambah pengeluaran biaya. Kuota yang dibutuhkan dan dibeli untuk kebutuhan internet menjadi melonjak dan banyak diantara orangtua murid dan juga guru yang tidak siap menambah anggaran dalam menyediakan jaringan internet. 

Pemerintah sudah membuat dan menetapkan kebijakan ini hingga waktu yang belum ditentukan, dan masyarakat Indonesia harus melakukan protocol-protokol yang sudah dibuat. Setiap perubahan pasti akan memberikan dampak positif dan negative, namun semua orang harus bisa mengikuti perubahan yang ada. Dari sisi positifnya berpindahnya system pembelajaran tatap muka menjadi daring ini adalah dapat mempermudah menyelesaikan urusan manusia, Pekerjaan bisa dilakukan tanpa menunggu waktu yang lama, tempat yang tidak terbatas, belajar bisa dimana saja.

Maka dari itu, mari kita ikuti kebijakan-kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah, agar korban covid-19 ini berkurang dan semua kegiatan bisa dilakukan secara tatap muka lagi. Dan pastinya tetap berhati-hati jika ingin keluar rumah dan ikuti protocol pemerintah dengan stay safe, memakai masker, dan menjaga jarak.


Penulis: KKN-DR UINSU, KELOMPOK 157


Previous
« Prev Post

1 comments:

Oke siaaapp...
Sangat bermanfaat

Contact Form

Name

Email *

Message *