HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pengaruh Covid-19 Terhadap Ekonomi Masyarakat

 

Haranews.com|•Covid-19 atau yang biasa disebut dengan virus corona ini sangat meresahkan kehidupan masyarakat, khususnyaa dalam sektor ekonomi.  Covid-19 ini diduga muncul pertama kali dari kota wuhan, china. Hingga saat ini ini virus ini telah menyebar keberbagai negara dan sudah banyak memakan korban jiwa.  Selain itu, virus ini juga dikenal  sangat berbahaya, dimana  orang-orang dianjurkan untuk tetap dirumah guna memutus rantai penyebaran virus ini, mulai dari bekerja hingga sekolah dari rumah. Adapun jika ingin keluar rumah, haruslah dengan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan dan lain sebagainya. 

Di masa pandemi ini tingkat kriminalitas juga  meningkat, hal ini di sebabkan ekonomi yang menurun dan tidak stabil. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya dikarenakan banyaknya perusahaan-perusahaan yang tutup karena tidak mampu membayar gaji karyawannya.  Namun disisi lain pemerintah juga turun tangan dalam menyelesaikan masalah ini, dengan memberikan bantuan secara bertahap. 


Adapun dampak yang ditimbulkan dari virus corona ini yaitu :

1. Banyak pekerja yang di PHK

Banyaknya pekerja yang di phk karena ketidak mampuan perusahaan dalam membayar upah karyawannya. Dalam situasi sulit ini memang sangat mengkhawatirkan perekonomian masyarakat menjadi terhambat akibat tekanan ini, contohnya dalam segi industri perusahaan manufaktur yang tergantung pada permintaan global menjadi penghambat produksi. 

2.uang digital menaik

Uang merupakan sebagai alat penukar terhadap barang, ditengah pandemi covid-19 ini orang-orang di tuntut agar tetap di rumah dan menjalankan social distancing sehingga uang digital menjadi meningkat karena tidak bersentuhan dengan orang lain dan tidak menularkan virus. 

3.menimbulkan ketidakpastian yang berkepanjangan

Covid-19 ini menimbulkan ketidakpastian yang berkepanjangan sehingga dari sektor investasi menjadi lemah hal ini mengakibatkan bisnis terhenti. 

Dalam hal ini juga diperkuat oleh Menteri Keuangan ( Sri Mulyani) menyatakan penyebaran covid-19 di Indonesia cukup terhantam bukan hanya dari sektor kesehatan tetapi juga dalam sektor ekonomi global.



Penulis Muliadi Hasibuan Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam/ KKN DR 05 UINSU


Previous
« Prev Post

2 comments

Contact Form

Name

Email *

Message *