HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pentingnya Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak di Masa Pandemi Covid-19

Haranews.com|•Peranan orangtua sangatlah penting dalam mendidik anak anaknya di tengah situasi  pandemi Covid-19 saat ini, selain anak anak mendapat kan pendidikan dari gurunya orang tua juga berperan penting memberikan pendidikan kepada anak anaknya agar selalu menjaga kesehatannya selama pendemi covid 19 ini masih berlangsung. meskipun new normal sudah di berlaku kan oleh pemerintah semenjak awal bulan juni lalu dan meskipun pemerintah telah sudah memperboleh kan para siswa/i kembali masuk sekolah dengan menerapkan  new normal


Namun Sebagai orang tua dalam hal kaitannya dengan pendidikan anak, anak adalah sebagai pendidik utama, maka dari itu tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak diantaranya membimbing dan memberikan dorongan atau motivasi baik itu  dari segi kasih sayang, tanggung jawab moral, tanggung jawab sosial, dan tanggung jawab atas kesejahteraan dan juga menanamkan pendidikan agama kepada anak  baik secara lahir maupun batin ... 


Asisten Deputi Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Ciput Eka Purwianti mengatakan, orangtua harus mempersiapkan dan mengawal anak-anaknya apabila kembali ke sekolah dengan kondisi new normal.


selain itu Para orangtua juga harus memberi penjelasan dan pengertian kepada anak-anaknya tentang bagaimana new normal dan mematuhi protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, cuci tangan dengan sabun secara baik dan benar, hingga menjaga jarak.


Semenjak memasuki  masa new normal para orangtua juga memiliki tugas penting dan tanggung jawab baru untuk mempersiapkan dan membimbing anaknya agar lebih mudah beradaptasi  dan membiasakan diri di situasi pemdemi saat ini atau menjalani fase ini. 


Tak jarang para orangtua juga merasa khawatir terhadap kesehatan anak-anaknya ketika ia sendiri sudah harus kembali bekerja di kantor,. bahkan sekolah dapat dilaksana kan kembali secara tatap muka bagi wilayah zona hijau atau kuning Hal inilah yang terkadang membuat para orangtua merasa stres karena harus mempersiapkan seluruh anggota keluarganya untuk mengahadapi kondisi atau fase new normal. 


Walaupun penyebaran Covid-19 masih belum juga kunjung berakhir, namun kehidupan pun seolah harus tetap berjalan. Hal ini pada akhirnya harus membuat masyarakat beradaptasi dan membiasakan  diri untuk menjalani kehidupan di tengah situasi pandemi, termasuk menerapkan segala protokol kesehatan yang berlaku.



Kehadiran virus corona telah membawa banyak perubahan terutama dalam kehidupan manusia. Tidak hanya sampai disitu wabah covid 19 juga telah merusakan tatanan kesehatan, dan juga mengubah tatanan kehidupan sosial dan budaya kita.


Tak terkecuali juga pada dunia pendidikan,  seperti yang telah kita ketahu bahwa pandemi covid-19 juga telah mengubah wajah pendidikan dunia. Hasil survei UNESCO menyatakan, lebih dari 91% populasi siswa didunia telah dipengaruhi oleh penutupan sekolah akibat pandemi ini. yang dimana biasanya pembelajaran itu dilaksanakan secara tatap muka di kelas-kelas kini telah digantkani menjadi pertemuan virtual secara online.


Hal ini menjadi tantangan baru bagi para orang tua, para guru, dan juga pada sistem pendidikan kita di Indonesia, dengan berbagai kompleksitas yang telah ada selama ini. Bagaimana sistem pendidikan nasional dapat memastikan bahwa semua siswa memiliki akses yang sama untuk pendidikan berkualitas selama pandemi covid-19?


Pendidikan dimasa new normal ini bukanlah suatu dilema atau suatu masalah besar bagi dunia pendidikan.. Dunia Pendidikan kita sudah dipastikan berubah karena pandemi yang belum berakhir. Mau tidak mau, kita harus ikhlas menerimanya dengan lapang dada dan menyerahkannya wabah  covid-19 ini kepada Allah SWT. Dan ketika sudah memasuki sebuah tatanan pendidikan baru, pendidikan new normal. yaitu melalui virtual atau pun secara online. mau tidak mau para orang tua juga dituntut untuk membantu anak anaknya  mengahadapi situasi pandemi yang terjadi pada saat ini


Sebagaimana kita ketahu bahwa di masa new normal saat ini kita harus bisa menyikapi sesaksama mungkin, meskipun di era new normal ini kita sudah di ijin kan untuk menjalankan segala urusan dan beraktivitas seperti biasanya namun kita jangan sampai lupa dan harus menjalan kan segala ataruran yang di tetap kan oleh pemerintah,, agar penyebaran wabah covid 19 ini bisa berakhir.


Penulis Syamsul Rizal Lingga Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi/ KKN DR 162 UIN SU

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *