HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Problematika Pembelajaran Daring Guru Dan Murid Pada Masa Pandemi

Haranews.com|•Pada masa pandemi saat ini, sistem pembelajaran diseluruh sekolah di Indonesia harus melakukan pembelajaran daring dan tidak boleh bertatap muka untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran virus COVID-19 yang sedang melanda dunia khusus nya Indonesia. Tetapi tentu saja hal ini bukan hal mudah, baik untuk guru maupun untuk siswa tersebut. Saya sebagai calon guru juga sangat mengkhawatirkan peristiwa wabah ini untuk masa yang akan datang.


Ada beberapa problematika guru dan murid terhadap pembelajaran daring atau jarak jauh, masalah awal yang terjadi pada program pembelajaran daring ialah teknologi, masih banyak dikalangan guru dan murid yang belum terlalu memahami teknologi handphone, khususnya pada teknologi sistem pembelajaran yang berbasis online. Banyak hal yang belum dimengerti oleh guru, contohnya seperti guru-guru yang sudah lanjut usia, mereka harus mengikuti kelas khusus untuk dapat memahami pembelajaran online kepada murid, permasalahan yang paling sulit dipecahkan ialah pada peserta didik yang duduk disekolah dasar (SD). Guru-guru harus membuat animasi pembelajaran setiap kepada peserta didik yang duduk di sekolah dasar, contohnya seperti kelas 1,2, dan 3. Guru-guru harus lebih ekstra dalam memberikan pembelajaran online kepada peserta didik seperti membaca, berhitung, mengenal gambar, dan menganalisa animasi.


Anak sekolah dasar juga mendapat problem pada pembelajaran daring, khususnya anak sekolah dasar negeri. Banyak disekolah dasar negeri yang memiliki ekonomi keluarga dibawah rata rata, jadi tidak banyak orang tua dari sekolah dasar negeri yang memiliki handphone, maka ada beberapa tuntutan sekolah yang mengharuskan untuk memiliki handphone, pihak keluarga merasa terbeban, namun juga harus harus mengikuti program dari pihak sekolah demi menjaga dan mengurangi rantai penyebaran Covid-19. 


Penulis Muhammad Radi

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *