HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Strategi Dakwah di Masa Pandemi Covid-19

 Strategi Dakwah di Masa Pandemi Covid-19

Haranews.com|•Dakwah merupakan Proses penyampaian pesan kepada khalayak atau masyarakat dengan mengikuti petunjuk Allah Swt dan Rasulnya, untuk menyeru kepada kebaikan agar mereka kembali kepada Allah swt yang mereka sembah dan tempat mereka meminta pertolongan.

Dengan maraknya wabah covid-19 ini sebagai pandemi, yang telah tersebar ke berbagai negara tak terkecuali indonesia. Maka pemerintah indonesia memberlakukan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan diluar rumah baik dalam kegiatan keagamaan. Pendidikan dan lainnya untuk mencegah dan memutus rantai covid-19 ini agar virus tidak tersebar dan meluas. Seiring berjalannya waktu tinggal dirumah saja tidak bisa selamanya diterapkan untuk menjaga keseimbangan perekonomian. maka pemertintah menerpakan kebijakan new normal atau tetap menjalankan aktivitas seperti biasa namun dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, tidak berkumpul di keramaian, guna mencegah terjadinya penularan.

Dengan adanya pandemi covid-19 seharusnya tidak menghalangi gerakan dakwah, justru sebaliknya, pendakwah dituntut untuk lebih kreatif dalam melakukan kegiatan berdakwah di era New normal ini. Ada empat metode yang bisa digunakan untuk berdakwah di masa pandemi ini.

Pertama, dakwah fardiyah, yaitu melakukan kegiatan dakwah kepada mad’u dalam jumlah yang sedikit. Hal ini bisa menjadikan kegiatan dakwah tetap dapat dilaksanakan dimasa sekarang ini, karena kegiatan ini tidak melibatkan jamaah yang terlau banyak sehingga tetap mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah.

Kedua, dakwah bil-hal yaitu berdakwah dengan mengutamakan perbuatan yang baik dengan maksud agar penerima dakwah menjadikan da’i sebagai panutan dengan mengikuti perbuatannya. Karna dakwah tidak hanya semata – mata menggunkan perkataan. Hal ini juga dapat dijadikan opsi dalam berdakwah pada masa pandemi covid-19 ini.

Ketiga, dakwah bil kitabah atau berdakwah dengan tulisan juga sering di identikkan dengan dakwah bil “Qalam” merujuk pada firman Allah Swt yang terjemahannya : Nun, perhatikanlah Al-qalam dan apa yang dituliskannya. (QS Al-Qalam : 1).  Ditengah maraknya wabah covid-19 ini, dakwah bil-kitabah ini juga sangat efektif di gunakan pada masa pandemi ini, semenjak wabah ini masuk ke indonesia hampir semua kegiatan dilakukan di  rumah saja dengan menggunakan teknologi baik itu pekerjaan, belajar maupun hal lainnya. hal ini tentunya menjadi peluang terhadap da’i untuk mewarnai media massa sebagai sarana dakwah untuk menyampaikan pesan yang baik, teladan, moralitas yang baik serta memberikan pandangan yang positif terhadap wabah yang sedang terjadi pada saat ini agar masyarakat tidak resah dengan keadaan ini.

Keempat, dakwah virtual. Pada masa pandemi covid-19 ini dakwah menngunakan internet juga sangat efektif karna pesan pesan dakwah yang disampaikan oleh da’i dapat dengan mudah di akses di internet serta cakupan wilayah yang luas dan waktu yang tidak terbatas. Kegiatan dakwah dengan menggunakan internet ini juga bisa di siarkan secara langsung baik dengan aplikasi facebook, instagram, youtube, zoom yang sedang viral dimasyarakat dan aplikasi lainnya,. Dakwah virtual ini tidak seperti tabligh akbar yang mengumpul kan orang banyak dilapangan atau dimasjid dakwah virtual ini bisa kita ikuti walau hanya dirumah saja, dalam dakwah virtual audiens hanya butuh kuota dan jaringan saja untuk dapat melihat atau mengakses kegiatan dakwah. hal ini menjadikan media baru dalam berdakwah, untuk itu seorang da’i saat ini perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan tentang penguasaan teknologi dan sangat disayangkan jika da’i yang memiliki ilmu namun tidak dapat tersampaikan kepada masyarakat dimasa pandemi covid-19 ini. Hal ini juga untuk menujukkan seorang da’i juga tetap eksis berdakwah tanpa harus ketinggalan zaman.


Penulis : Rahmat Fauzi Mahasiswa UINSU Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *