HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Tantangan Dakwah di Masa Pandemi Covid-19


Haranews.com|•Penularan Virus Corona secara terus-menerus mengakibatkan lemahnya perekonomian, pendidikan, sosial, bahkan terganggunya proses dakwah secara langsung.

Dakwah menurut Syekh Ali Mahfudz adalah Mengajak manusia untuk mengerjakan kebaikan dan mengikuti petunjuk, menyuruh mereka berbuat baik dan melarang mereka dari perbuatan yang jelek, agar mereka mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Dalam kehidupan sehari-hari, tidak jarang kita temui masyarakat yang saling nasehat-menasehati diantara sesama. Hal ini merupakan salah satu contoh praktik dakwah dalam masyarakat.

dakwah secara langung banyak dilakukan dengan mengumpulkan banyak massa, inilah salah satu tantangan seorang da’I dalam berdakwah di masa pandemi covid-19 ini.
Karena selama pandemi ini tidak boleh berkumpul ditempat keramaian, dan harus tetap menjaga jarak untuk memutus mata rantai penularan virus covid-19. Namun, di masa pandemi seperti ini, para da’I tetap berdakwah secara virtual.

Banyak kajian-kajian yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan sosial media dan media-media yang lain. Akan tetapi untuk da’I yang tetap berdakwah di pedalaman atau didesa-desa yang masih kurang akan teknologi, memiliki tantangan tersendiri dalam berdakwah, karna belum tentu disuatu desa tersebut memiliki jaringan yang memungkinkan untuk melakukan dakwah secara online atau virtual dan belum tentu semua masyarakat memiliki smartphone.

Walaupun sekarang ini banyak da’I yang berdakwah secara online di youtube, facebook atau aplikasi lain, bukan berarti da’I tersebut tidak memiliki tantangan dalam berdakwah. Ketika berdakwah, terkadang mad’u salah penafsiran terhadap apa yang disampaikan da’I. Dan untuk mengumpulakan mad’u secara online ketika akan berdakwah, sedikit sulit bagi para da’I yang tidak cukup terkenal. Sehingga seorang da’I harus menyebar informasi-informasi mengenai kajian-kajian online yang akan dilaksanakan. Selain itu, kondisi Mad’u juga menjadi tantangan bagi para da’i. karena ketika menyampaikan materi dakwahnya, seorang da’I tidak akan tahu apakah mad’u tersebut orang berpendidikan, anak remaja atau pun yang lainnya.

Sehingga dengan tantangan-tantangan yang ada, Seorang da’I harus tetap memperhatikan dan menyusun secara baik materi apa yang akan disampaikan, agar materi tersebut tidak mengandung unsur Sara yang mengakibatkan terjadinya konflik.

seorang da’I juga harus mampu menyusun stratergi yang baik dalam berdakwah agar tujuan dari dakwah tersebut tersampaikan secara sempurna kepada mad’unya dengan tetap memperhatian situasi dan kondisi mad’u ataupun kondisi yang terjadi sekarang ini.


Agar proses dakwah di masa pandemi covid-19 tetap berjalan dengan baik dan memenuhi protokol kesehatan, maka seorang da’I dapat melakukan dakwah secara virtual misalnya dengan membuat kajian-kajian online, webinar, membuat grup whatsapp berisi dakwah, live streaming di youtube atau facebook dan lain lain. Jika tidak memungkinkan untuk berdakwah secara virtual, dakwah bisa dilakukan dengan tatap muka secara langsung tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan, misalnya dengan menjaga jarak sejauh 1 meter terhadap mad’u yang lain, dengan menggunakan masker, membawa handsanitaizer, dan tidak bersalaman dengan mad’u yang lain.

Walaupun dalam masa pandemi covid-19 memiliki tantangan-tantangan tersendiri, tidak menjadi halangan dalam berdakwah. Dan dakwah harus tetap berjalan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Karena berdakwah adalah kewajiban setiap muslim. Sebagaimana firman Allah SWT, “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan, memerintahkan kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar”. (QS. Ali Imran:104).


Penulis Nur Afni Br Nasution Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi/ Kuliah Kerja Nyata 107 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Previous
« Prev Post

1 comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *