HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

DANKORMAR KUNJUNGI MONUMEN LETNAN SOETOMO


Haranews.com.
Monumen Letnan Soetomo berada di dusun karang pucung desa Wanarata Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal  TNI  (Mar)  Suhartono, M.Tr (Han)., didampingi Ketua PG. Jalasenastri Korps Marinir Ny.Etta Suhartono dan para Pejabat Utama Mako Kormar serta Pengurus PG. Jalasenastri Korps Marinir mengunjungi Monumen Letnan Soetomo sekaligus mengadakan bhakti sosial. Senin,(09/11/2020).


Letnan Soetomo, beliau seorang perwira Intelijen yang cukup disegani dan terkenal licin sehingga kerap merepotkan pihak Belanda. Berkat informasi yang akurat dari Letnan Soetomo, beberapa rencana penyergapan yang dilakukan oleh pihak Belanda pada pos-pos pejuang dapat digagalkan oleh Letnan Soetomo dan pasukannya. 


Kesamaan unsur nama dengan Bung Tomo yang terkenal pada peristiwa 10 November 1945 di Surabaya, Belanda menyangka Letnan Soetomo adalah Bung Tomo yang membangkitkan semangat pejuang melalui orasi-orasinya. Oleh karena itu, Belanda dengan segala cara berusaha menangkap Letnan Soetomo, bahkan akan memberikan hadiah kepada siapapun yang mampu memberikan informasi atau menangkap Soetomo hidup atau mati. 


Tidak ada yang tahu secara pasti, asal usul Letnan Soetomo. Namun menurut catatan yang diperoleh penulis, ia merupakan anggota pasukan angkatan laut yang bertugas di wilayah Pemalang. Sebagai bentuk penghargaan terhadap warga Desa Wanarata akan jasa jasanya, Nama Soetomo pun diabadikan dengan mendirikan Monumen Letnan Soetomo. 


Tujuan adanya Tugu Monumen Pahlawan Letnan Soetomo tersebut dengan harapan agar dapat memberikan pelajaran, inspirasi bagi masyarakat khususnya generasi penerus dalam mengisi kemerdekaan, meneruskan nilai-nilai perjuangan dan sebagai pengingat bagi generasi penerus terhadap para pejuang, tidak melupakan sejarah bangsa serta agar selalu bangga menjadi bangsa Indonesia.


Acara yang dilaksanakan secara sederhana tersebut diawali dengan sambutan Camat Bantarbolang Bapak Drs. Abdul Rahman. M.Si, sambutan Komandan Korps Marinir, Tabur Bunga di Monumen Letnan Soetomo dan pemberian tali asih berupa sembako kepada masyarakat setempat dikahiri dengan foto bersama.


Dalam sambutannya Bapak Camat Bantarbolang menyampaikan harapannya kepada Dankormar agar Monumen Letnan Soetomo tersebut kedepannya akan bisa lebih dikembangkan menjadi destinasi wisata religius sekaligus salah satu ikon yang bisa dijadikan kebanggaan bagi desa bahkan kecamatan sampai dengan Kabupaten.


Hadir dalam kegiatan tersebut Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr. (Han). S.E., M.M. Wakil Ketua PG Jalasenastri Kormar Ny. Ayu Nur Alamsyah, Para Pejabat Utama Mako Kormar, Komandan Lanal Tegal, Danramil Wanarata, Kapolsek Wanarata serta Pengurus PG. Jalasenastri Kormar.


(Red/Dispen Kormar)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *